[PS1] Magic Castle – Setelah 23 Tahun Akhirnya Dirilis

Tertunda Selama 23 Tahun, Game Magic Castle PS1 Akhirnya Dirilis!

Hai Gamers, Penggemar game PS1 telah dikejutkan dengan rilisnya sebuah game yang sudah tertunda selama 23 Tahun, yaitu Magic Castle! Tentunya, dari gambar dan bahkan judulnya yang terdengar jadul membuat banyak sekali gamers yang ingin bernostalgia.

Menurut ceritanya, Magic Castle dibuat oleh dua pengembang independen di akhir 90-an menggunakan platform Net Yaroze, kit pengembangan untuk PlayStation asli.

Mungkin memakan waktu lebih dari 20 tahun, tetapi game yang ditujukan untuk PlayStation asli ini akhirnya berhasil masuk ke Dunia. Sekelompok developer Jepang mengerjakan Magic Castle selama delapan bulan di akhir tahun 90-an. Mereka menggunakan Net Yaroze Sony, sebuah sistem yang dapat digunakan penggemar untuk membuat game untuk konsol tersebut. Tim mengirim game RPG ini ke beberapa penerbit, tetapi sebagian besar tidak ditanggapi.

Sony menunjukkan minatnya, namun ingin para developer meninggalkan game mereka dan pindah ke proyek lain. Tim akhirnya menolak tawaran untuk lanjut dan kemudian bubar. Dan Magic Castle yang belum selesai itupun tetap berada di rak selama lebih dari 20 tahun. Sampai sekarang.

Salah satu developer, yang dikenal dengan PIROWO, menemukan kembali source code Magic Castle beberapa waktu yang lalu. Mereka memutuskan untuk menyelesaikan dan merilisnya, empat generasi konsol kemudian.

Magic Castle memiliki beberapa trik menarik, seperti menampilkan musik dinamis dan kalian pun dapat menyesuaikan posisi antarmuka pengguna.

Game bergenre Roguelike ini memiliki empat karakter di dalamnya, Knight, Magician, Archer dan Fighter. Untuk mengikuti perkembangan jaman game roguelike, dungeon akan selalu berubah setiap kali kalian mainkan.

Tujuan Magic Castle adalah “membuat game rogue-like dalam 3D yang dapat dimainkan beberapa kali.” dan tugas player adalah dengan maju hingga lantai 20 pada sebuah kastil.

Permainan ini sebagian besar selesai pada tahap ini, hanya belum sempat menambahkan empat pemain tambahan dan terjemahan bahasa Jepang. Sejak itu telah dirilis di Internet untuk dinikmati semua orang. kalian dapat mengambil salinan permainan dan instruksi manualnya di Internet Archive.

Versi yang diperbarui, mungkin akan datang dengan beberapa konten yang disebutkan di atas, sejauh ini untuk update terbaru hanya terdaftar sebagai “Coming Soon”.

Bagaimana? Tertarik memainkannya? Jangan lupa, baca juga konten menarik kami yang lainnya :

Share via
Copy link