Minecraft: Semua Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Dripstone

Inilah semua yang perlu kalian ketahui tentang Dripstone di Minecraft, seperti di mana menemukannya dan cara menumbuhkannya.

Caves and Cliffs update telah menghadirkan berbagai macam blok baru ke Minecraft, termasuk dripstone. Blok unik ini memiliki beberapa variasi bersama dengan beberapa kegunaan. Saat pertama kali menemukan dripstone, kalian mungkin sedikit bingung tentang apa yang harus dilakukan dengannya, tetapi itulah mengapa kami di sini untuk membantu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas semua yang perlu kalian ketahui tentang dripstone, termasuk di mana menemukannya dan bagaimana menggunakannya. Pertama, mari kita lihat di mana kalian dapat menemukan dropstone yang dihasilkan secara alami.

Penting untuk diingat bahwa bagian kedua dari update 1.17 Minecraft belum keluar; update ini akan menambahkan bioma dripstone cave. Meskipun kalian masih dapat menemukan dripstone, kalian tidak akan dapat menemukan bioma ini dulu.

Dimana Menemukan Dripstone

minecraft-dripstone-2

Dripstone dapat ditemukan di dalam gua bawah tanah dalam cluster, serta di dasar badan air.

Ada dua jenis dripstone yang bisa kalian temukan. Blok dripstone dapat ditemukan menempel pada blok terdekat lainnya, sedangkan dripstone runcing dapat ditemukan tumbuh dari blok tersebut. Kedua versi dripstone memiliki warna dan pola berbeda yang menonjol dari blok terdekat lainnya.

Dripstone runcing pada dasarnya adalah stalagmit atau stalaktit. Mirip dengan fitur gua kehidupan nyata, dripstone dapat tumbuh menghadap ke bawah atau ke atas. Untuk menemukan dripstone dengan cepat dan efisien, tetap berada pada gua dan jurang terbuka, daripada menambang melalui lapisan batu. Dripstone dapat menghasilkan di sekitar bagian bawah dan atas jurang, jadi kalian tidak perlu melakukan mining tambahan. Jurang ini bisa sangat berbahaya, jadi pastikan untuk membawa banyak makanan, serta satu set armor yang bagus.

Cara Menambang Dripstone

Untuk menambang blok dripstone, kalian perlu menggunakan pickaxe jenis apa pun. Jika kalain tidak menggunakan pickaxe, blok akan dihancurkan.

Dripstone runcing dapat ditambang dengan alat apa pun, namun akan lebih cepat jika kalian menggunakan pickaxe.

Menumbuhkan Dripstone di Minecraft

Selain menemukan dripstone runcing di seluruh cave, kalian juga bisa menanam sendiri.

Jika kalian memiliki stalaktit yang tergantung dari blok dripstone yang memiliki sumber air di atasnya, stalaktit itu akan tumbuh perlahan seiring waktu. Selain itu, stalagmit akan tumbuh langsung di bawah stalaktit yang menggantung jika ada block keras dalam jarak sebelas blok di bawahnya. Pada gambar di atas, kalian dapat melihat batu tetes tumbuh dari atas, serta terbentuk di bagian bawah.

Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak dripstone. Untuk mengumpulkan, cukup bawa pickaxe ke baris bawah dripstone runcing.

Secara keseluruhan, dripstone membutuhkan waktu lama untuk tumbuh. Item di Minecraft tumbuh sesuai dengan ‘ticks’; hari dalam game berlangsung sekitar 20 menit, yaitu 24.000 ticks. Dripstone memiliki peluang kurang dari 0,1 persen untuk menumbuhkan setiap ticks, jadi ini berarti perlu beberapa saat untuk menumbuhkan dripstone. Dengan beberapa stalaktit yang dipasang, kalian harus mengumpulkan jumlah yang layak dari dripstone runcing dalam waktu singkat.

Penggunaan Dripstone di Minecraft

Ada beberapa kegunaan untuk dripstone, jadi mari kita lihat di bawah ini.

Crafting

Dengan dripstone runcing yang kalian tanam, kalian akan dapat membuat blok dripstone. Untuk melakukannya, kalian memerlukan empat dripstone runcing, yang dapat dilihat pada gambar di atas.

Stalagtite

Dengan stalactite dan cauldron, kalian dapat membuat sumber air atau lava yang tak terbatas. Untuk melakukan ini, siapkan cauldron dengan blok dripstone setidaknya dua blok di atas, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Di bawah blok dripstone, letakkan dripstone runcing.

Akhirnya, kalian akan membutuhkan cairan pilihan kalian di ruang di atas blok batu tetes. Untuk contoh ini, kami menggunakan lava. Dengan lava di atas blok dripstone, stalactite perlahan akan meneteskannya ke dalam cauldron. Setelah sekitar satu hari dalam game, cauldron akan diisi dengan lava, sedangkan lava di atas blok dripstone akan tetap sama. Ini berguna jika kalian telah mendirikan base di area yang tidak banyak mengeluarkan lava.

Baca Juga :

Share via
Copy link
Powered by Social Snap