Cara Install Texture Pack Di Minecraft

Tingkatkan tampilan dunia kotak-kotak ini dengan Texture Pack. Ada banyak sekali yang bisa dipilih dan dipasang! Berikut cara install Texture Pack di Minecraft.

Selama bertahun-tahun, Minecraft tetap setia pada teksturnya. Update baru mungkin memberikan beberapa perubahan pada tekstur, tetapi sebagian besar Minecraft mempertahankan tampilan klasik dan ikonik. Kalian mungkin menginginkan tekstur baru pada waktu-waktu tertentu; untungnya, ada banyak sekali texture pack yang tersedia secara online. Selama Minecraft ada, orang telah membuat mod dan paket tekstur baru.

Dalam panduan ini, kita akan membahas mengunduh dan menggunakan paket tekstur. Melakukannya tidak mengharuskan kalian mengunduh program tambahan apa pun. Secara keseluruhan, pastikan kalian memiliki cukup ruang di komputer kalian. Banyak texture pack yang memakan banyak ruang, dan kalian pasti tidak ingin kehabisan ruang di PC kalian. Ingat, panduan ini khusus untuk mereka yang memainkan Minecraft edisi Java.

Buat Folder Untuk Texture Pack Pilihan Kalian

Sebelum mengunduh texture pack , kalian harus membuat folder untuk mengunduh paket tersebut. Untuk panduan ini, kita akan bekerja dengan texture pack Overflow, jadi folder kita akan diberi nama ‘MC Overflow Texture Pack.’ Jangan ragu untuk mengunduh paket tekstur apa pun yang kalian pilih, dan beri nama folder apa pun yang kalian suka.

Download Texture Pack-nya

Kalau folder kalian telah siap, saatnya mengunduh texture pack-nya.

Ada beberapa situs web yang memungkinkan kalian mengunduh texture pack, dengan Planet Minecraft menjadi salah satu yang paling populer. Di sini, kalian dapat menemukan banyak texture pack , serta ulasan untuk masing-masing paket. Jika kalian mencoba menemukan texture pack , ingatlah untuk membaca ulasan dan melihat peringkat, karena tidak semua texture pack dibuat sama!

Setelah kalian menemukan texture pack yang kalian sukai, unduh dan simpan di folder yang baru kalian buat.

Extract Files

Kalian harus memiliki folder dengan versi zip dari paket di dalamnya. Klik kanan pada .zip dan pilih ‘Extract Here‘. Melakukan hal ini akan menyebabkan file unzip, menambahkan item tambahan di folder. Setelah file benar-benar dibuka dari zip, kalian dapat menghapus file .zip asli untuk mengurangi besarnya ukuran data pada Hard Drive kalian.

Kalian sekarang harus memiliki folder kalian dengan beberapa file yang membentuk texture pack, seperti pada gambar di atas.

Sekarang, salin seluruh folder. Jika kalian menyimpan folder ke desktop kalian, cukup klik kanan dan tekan ‘Copy‘.

Buka Minecraft Options

Saatnya membuka Minecraft sekarang! Langkah ini bisa dilakukan di dalam game, atau dari menu utama.

Dari menu pengaturan, pilih ‘Option‘. Ini akan mengarahkan kalian ke layar lain, dengan delapan opsi. Di sini, kalian akan memilih ‘Resource Packs’.

Paste Texture Pack Folder

Pilih ‘Open Pack Folder.‘. Mengklik tombol ini akan membuka jendela file explorer baru. Paste folder yang kalian salin tadi di sini.

Segera setelah kalian paste folder, texture packs akan tersedia untuk kalian pilih.

Memilih Texture Packs

Setelah folder di paste, kalian dapat keluar dari jendela file explorer. Sekarang, kalian akan melihat texture packs baru kalian di kolom sebelah kiri.

Pada gambar di atas, kalian dapat melihat bahwa texture packs berwarna merah. Ini berarti bahwa tidak sepenuhnya kompatibel dengan versi Minecraft yang sedang kalian mainkan. Untungnya, ini bukan hal yang buruk. Texture packs mungkin tidak menyertakan item tertentu tetapi secara keseluruhan, kalian masih dapat menggunakannya dengan nyaman.

Saat kalian mengarahkan kursor ke texture packs , kalian akan melihat panah menunjuk ke kanan. Mengklik panah ini akan menyebabkan paket tekstur muncul di sebelah kanan, di mana texture packs yang dipilih berada. Di atas, kalian dapat melihat texture packs yang sudah dipilih. Jika demikian, kalian akan ingin memindahkan texture packs apa pun yang sedang digunakan ke kolom ‘Available‘ untuk membatalkan pilihannya. Opsi default akan selalu ada di bagian yang dipilih, jadi kalian bisa membiarkannya apa adanya. Pastikan texture packs yang kalian unduh tetap berada di atas opsi default.

Dengan texture packs baru di bagian atas kolom ‘Selected‘, tekan ‘Done!‘ Minecraft akan memuat ulang dan texture packs baru akan diterapkan.

Itu saja yang perlu kalian ketahui dalam Install Texture Pack pada permainan Minecraft. Sekali lagi kami ingatkan ini hanya berlaku pada versi Java ya. Jangan lupa untuk dukung kami selalu dengan membagikan konten kami, baca info-info menarik yang kami bagikan dan apabila ada kesalahan, mohon untuk ingatkan kami dengan menuliskan komentar agar dapat langsung kami perbaiki. Terima kasih, salam Gamers~!

Share via
Copy link
Powered by Social Snap