Streamer Wajib Paham! Begini Setting Terbaik OBS Buat Kalian Para Streamer (Terutama Twitch)

Buat kalian yang baru atau belum lama ini ingin menjadi seorang streamer professional, terutama pada aplikasi twitch. Kalian harus banget tau dan paham gimana sih konfigurasi setting OBS terbaik untuk streaming terutama twitch, agar kalian terlihat sempurna dihadapan fans kalian.

Jika sedang streaming, kalian mungkin ingin terlihat sempurna di hadapan para penonton kalian. Sementara sebagian besar elemen di streaming berada di bawah kendali kalian, seperti apa yang ditampilkan di overlay dan bagaimana penampilan kalian, setelan yang digunakan perangkat lunak streaming kalianakan menentukan seberapa lancar siaran kalian. Aspek kualitas yang muncul pertama kali pada feed kalian dapat membuat perbedaan bagi pengunjung baru yang melihat streaming kalian. Jika terlihat bagus, penonton lebih cenderung untuk kembali.

Namun, mengetahui setelan apa yang ideal untuk penyiapan streaming kalianbisa jadi menakutkan, terutama bagi mereka yang baru mengenal streaming atau tanpa mengetahui tingkat pengetahuan teknis. Kini kalian tidak perlu takut lagi, jadi berikut semua settting yang perlu kalian khawatirkan di OBS Studio dan Streamlabs OBS untuk streaming terutama twitch akan dibahas disini.

Output

Dalam pengaturan perangkat lunak kalian, masuk ke pengaturan Output dan kemudian ke tab Streaming.

Encoder

Loading...

Jika kalian menggunakan komputer yang berisi kartu grafis Nvidia terbaru, kalian mungkin memiliki akses ke NVENC encoder, protokol Nvidia yang dapat membantu melepaskan sebagian besar pekerjaan yang dilakukan OBS ke kartu grafis kalian daripada prosesor kalian.

Ketika opsi tersedia dan streaming dari komputer yang sama ketika kalian akan menyalakan stream; encoder NVENC adalah metode yang kami rekomendasikan. Hasilnya bisa lebih baik pada encoder x264, tetapi hanya jika itu bukan mesin utama kalian untuk bermain game.

Rate Control

Pengaturan ini mengontrol bagaimana bitrate dikirim ke server Twitch. Jika kalian ingin melihat hasil yang konsisten, kalian perlu menyetelnya ke CBR (Constant Bitrate). Namun, jika kalian khawatir bahwa persiapan kalian tidak akan mempertahankan bitrate konstan dan ingin memberikan ruang untuk diri kalian sendiri saat mengupload, kalian dapat menggunakan VBR (Variable Bitrate) dan menyetel parameter untuk bitrate.

Bitrate

Ini adalah jumlah data yang dikirim ke layanan streaming, yang menentukan kualitas feed. kalian ingin bitrate disetel dengan tepat untuk resolusi yang kalian streaming.

Loading...
Video Bitrate (Kbps)Resolution
1080p60001920×1080
720p35001280×720
480p1000720×480

Bitrate video yang dijelaskan di atas akan memiliki kualitas tertinggi untuk resolusi yang kalian hasilkan. Jika kalian menggunakan lebih tinggi dari ini berdasarkan resolusi kalian, kalian tidak mungkin melihat perubahan kualitas tetapi akan terus menggunakan lebih banyak sumber daya.

Jika kalian menggunakan VBR, kaliandapat menyetel bitrate maks ke yang disebutkan di atas dan menurunkan bitrate standar untuk memungkinkan streaming yang lebih stabil jika diperlukan.

Keyframe Intervals

ini tentang jumlah keyframe. Intinya, keyframe adalah saat seluruh bingkai video dikirim ke penyedia, bukan hanya perbedaan antara bingkai sebelumnya. Ini cukup rumit untuk dipahami, tetapi dengan OBS, biasanya, kalian akan menemukan bahwa menyetel ini ke 2 akan menawarkan keseimbangan terbaik antara kualitas gambar dan kecepatan penonton melihat streaming kalian.

(CPU Usage) Preset

Ini lebih umum terjadi pada setup yang menggunakan x264 karena prosesor komputer kalian menggerakkan enkoder ini. Dalam menggunakan encoder x264, pengaturan “veryfast” merupakan pilihan terbaik untuk kalian. Bagi mereka yang menggunakan enkoder NVENC, opsi ‘Kualitas’ menawarkan kualitas terbaik untuk kinerja PC kalian.

Loading...

Semua pengaturan Output lainnya dapat tetap seperti semula.

Audio

Untuk tab audio, kalian akan menemukan banyak opsi trek audio untuk ditambahkan ke feedTwitch, meskipun satu-satunya yang benar-benar penting bagi Twitch adalah saluran pertama.

Satu-satunya pilihan di setiap yang dapat kalian ubah adalah bitrate audio. Untuk mendapatkan suara terbaik, kalian sekarang dapat menyetel bitrate audio ke 320. Ini menghadirkan kualitas suara terbaik untuk streaming dan tidak boleh terlalu menambahkan data upload pada internet kalian saat ini.

Video

Base (Canvas) Resolution

Loading...

Ini adalah ukuran kanvas kalian di OBS. Biasanya, ini akan terdiri dari rasio aspek layar lebar 16: 9 standar. Ini harus sama dengan resolusi layar kalian. Jika kalian tidak yakin mengenai hal ini, kalian dapat menemukannya di setelan tampilan Windows, Linux, atau Mac Anda.

Mengubah ini dari resolusi layar kalian saat ini akan menambah lapisan pemrosesan ekstra untuk komputer kalian, yang berarti kinerja komputer kalian akan semakin bekerja keras.

Output (Scaled) Resolution

Output (Scaled) Resolution adalah resolusi yang akan kaliankeluarkan untuk Twitch dan resolusi sumber yang dapat diakses oleh penonton kalian. Di sinilah bitrate dan resolusinya bersatu. 720p (atau 1280 × 720) adalah standar untuk streamer yang lebih kecil karena ini akan lebih mudah bagi mereka yang menonton di perangkat seluler dengan data daripada koneksi Wi-Fi.

Dengan setting ini untuk OBS Studio atau konfigurasi OBS Streamlabs untuk stream terutama twitch, kalian akan menemukan keseimbangan terbaik antara kinerja dan penggunaan daya untuk streaming kalian. Namun, selalu ada baiknya bereksperimen jika memungkinkan untuk meningkatkan siaran kalian.

Jangan lupa baca juga konten menarik, guide dan walkthrough seputar game kami yang lainnya ya.

Loading...
Share via
Copy link
Powered by Social Snap